SMP14 DEPOK, SMPN 14 DEPOK, SMP NEGERI 14 DEPOK
 
8 LANGKAH SEMPURNA Oleh: Hehen Hendra, S.Pd.
Picture
Delapan langkah agar kinerja kita mencapai hasil sempurna :

1.       Kerja Iklas : Kerja iklas merupakan pengabdian kepada Allah SWT yang dilandasi niat semata-mata mengharap ridaha-Nya.

2.       Kerja Keras : Bekerja sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap daya dan kemampuan yang ada dalam menyelesaikan tugas-tugas kita merupakan inti dari kerja keras. Menurut Jansen Sinamo dalam buku Ethos 21, Pengembangan potensi kita terlaksana melalui kerja keras karena bekerja keras adalah pengerahan energi bio-psiko-spiritual yang selain membentuk karakter dan kompetensi kita, sekaligus juga membentuk diri kita sehat dan kuat lahir batin.

3.       Kerja Cerdas : Merupakan kerja yang tidak hanya mengandalkan otot semata melainkan juga otak (ilmu) sehingga hasilnya terasa lebih efisien dan efektif. Menurut Hadits Nabi yang diambil dari Musnad Syhab. “Sesungguhnya Allah menyukai orang mukmin yang profesional.”

4.       Kerja Kualitas : Merupakan pekerjaan yang dilakukan secara konsisten, sungguh-sungguh, cermat, tepat, sesuai standar dan tidak asal-asalan sehingga mencapai mutu yang tinggi. Menurut Napoleon Hill, melakukan lebih banyak dan lebih baik dari yang diharapkan. Alam semesta akan memberikan lebih kepada kita.

5.       Kerja Tuntas : Selesaikanlah apa yang telah kita mulai. Bekerja tuntas berarti kita bekerja dengan berpedoman pada rencana yang realistis dan terukur serta segera menyelesaikannya (tidak menunda-nunda). Rasulullah SAW bersabda dalam HR Abu Ya’la :”Sesungguhnya Allah suka jika salahb seorang di antara kalian melakukan sebuah pekerjaan dengan tuntas.”

6.       Kerja Lugas : Kita harus tegas dan berani mengatakan tidak pada sesuatu yang kita yakini tidak benar. Jangan ikut yang mayoritas, tapi ikutilah yang benar. Bekerja lugas juga berarti kita harus bertindak cepat dan tepat. Kita harus menciptakan kondisi ini karena akan memacu kreativitas kita untuk mencari jalan keluar.

7.       Kerja Antusias : Sikap ini akan membawa kita pada pikiran, perasaan dan tindakan yang positif. Sikap antusias menimbulkan gairah positif yang meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain, membuat kita lebih terbuka terhadap ide-ide atau peluang baru. Ari Ginanjar Agustian : “Sikap antusias ini sebagai sikap enerjik yang senantiasa bersemangat menghadapi kehidupan dan merupakan wujud ihsan kepada Al-Aziz (Pemilik Kemuliaan).” Dale Carnegie : “Antusiasme yang murni dan sepenuh hati adalah satu dari faktor-faktor kesuksesan dalam hampir segala usaha.”

8.       Kerja Selaras : Merupakan pekerjaan yang kita lakukan dengan mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku disertai tanggung jawab yang tinggi, jujur, adil dan telaten. Agar kita bisa bekerja selaras dengan lingkungan kita, maka kita harus memiliki rasa percaya (trust) untuk dapat bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, kita harus saling memberi guna mempertahankan kerja sama yang telah kita bangun.


 


Comments




Leave a Reply


SMP 14,SMPN 14 DEPOK,SMP 14 DEPOK ARCO,SAWANGAN,SMP 14 DEPOK ARCO SAWANGAN DEPOK