SMP14 DEPOK, SMPN 14 DEPOK, SMP NEGERI 14 DEPOK
 
MENEMUKAN CAHAYA DALAM ILMU
Picture





















Ilmu bercahaya adalah ilmu yang memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Ilmu tersebut dapat membantu menata kehidupannya menjadi terencana dan terarah.

Hidup yang terencana dan terarah tidak hanya untuk masa sekarang tetapi juga untuk masa yang akan dating yang menjadikan dirinya penuh kemuliaan. Guru harus memberikan paradigm kepada anak didiknya bahwa ilmu tidak hanya cukup untuk dipahami , tetapi harus dikuasai dan ilmu harus mampu mengubah dirinya menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya.

Agar ilmu itu menjadi cahaya dan memberikan manfaat maka harus melakukan pembiasaan diri dalam kegiatan pembelajaran supaya menjadi habit. Menurut Stephen R. Covey melukiskan bahwa kebiasaan itu merupakan gabungan dari 3 unsur knowledge, skill, dan desire.

Pengetahuan (Knowledge) adalah paradigm teoritis, apa yang harus dilakuakn dan mengapa, keterampilan (Skill) adalah bagaimana melakukannya, dan keinginan (Desire) adal;ah motivasi, keinginan untuk melakukannya.

Agar ilmu itu menjadi cahaya menurut Covey, kebiasaan adalah titik pertemuan dari pengetahuan, keterampilan atau kecakapan, dan keinginan.

Pada KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) Knowledge diimbangi oleh life skills. Sekolah harus menjadikan ruang-ruang kelas sebagai proses pengasahan atau pengolahan aspek kognitif dan psikomotorik dan saat ini juga mulai dikembangkan aspek afektif (emosi) sebagai penguat sebaiiknya aspek desire juga dipertajam.

Untuk menjadikan ilmu-ilmu yang dipelajari di sekolah menjadi cahaya yang menyinari kehidupan, harus ada keinginan yang kuat untuk memepelajari dan menerapkan nya secara berulang-ulang ilmu tersebut dalam keseharian dan tiap hari. Ilmu tidak akan menjadi cahaya apabila pengulangannya hannya akan menghadapi ujian saja, yang selama ini sudah menjadi kebiasaan.

Ilmu itu di dapat dari hasil proses belajar, penegrtian belajar itu sendiri menurut Dra. Sri Hartati. S,MA, Ph.D : Belajar dari tidak tahu menjadi tahu adalah pengertian yang dangkal. Belajar itu harus mengerti dan memahami (cara berfikir/deef learning).

Sistem Ingatan

Out put  penggerak respon

  System ingatan jangka panjang

  System ingatan jangka pendek

  stimulus

  Penampungan informasi indrawi

   

  Ϫ Penampungan informasi indrawi = harus ada perhatian / masukan.

Ϫ Sistem ingatan  jangka pendek = hanya bias menerima 7 karakter, diberikan makna baru bias merespon.

Ϫ Sistem jangka panjang = sebagai lemari pengetahuan (dilakukan berulang-ulang)/metode active.

Menurut dr. Arman Yurisaidi S,Ms,S.Ps dalam bukunya Menyingkap Misteri Otak Tengah. Terdapat suatu sirkuit atau lintasan di dalam otak manusia yaitu dalam otak diencephalon, yang disebut Papetz, bahwa terdapat suatu keterkaitan antara emosi dengan kemampuan menghapal. Seseorang yang dalam keadaan emosi gembira, bila mempelajari suatu topic yang menarik, maka memori akan terekam dengan sangat kuat.

Serotindan nor-epineprin memelihara kestabilan emosi sehingga orang dapat gembira. Bila zat ini turun maka akan mengakibatkan depresi. Dalam keadaan depresi maka orang mempunyai emosi tidak stabil dan akan mengganggu sirkuit Papetz dalam proses belajar. Maka jadikanlah kegiatan pembelajaran yang menyenangkan (joy full learning).

Melalui KTSP proses pembelajaran dilakukan dengan konsep CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu para guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Semoga ilmu yang didapat oleh anak didik kita menjadi cahaya untuk masa depannya. Amin!

Bahan Tulisan :

Menjadi Guru : Hernowo

Misteri Otak Tengah : dr. Arman Yurisaidi S,MS, Sp.S.

Seminar.

Vitamin : Sambutlah hari ini dengan penuh semangat, sambutlah hari esok dengan penuh keyakinan,

                   Sambutlah masa depan dengan penuh harapan.


By.Hen.

 

 

 

 


 


Comments

10/14/2010 19:31

Wit without learning is like a tree without fruit. We should arm ourselves with knowledge.

Reply



Leave a Reply


SMP 14,SMPN 14 DEPOK,SMP 14 DEPOK ARCO,SAWANGAN,SMP 14 DEPOK ARCO SAWANGAN DEPOK